Kamis, 16 Januari 2014

Hal-hal yang harus di perhatikan dalam bisnis online


Anda mungkin tidak akan meledak gara-gara kurang persiapan di bisnis internet. Tapi kemungkinan untuk dilarikan ke rumah sakit masih terbuka lebar. Gara-gara stress berat karena banyak modal yang terbuang percuma misalnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum Anda terjun ke dalam bisnis internet:

1. Pahami 100% pengertian bisnis internet dan macam-macam bisnis internet yang ada. Anda bisa menyimak presentasipengertian bisnis internet yang sudah saya publikasikan beberapa waktu lalu. Cari juga sumber-sumber referensi lainnya mengenai dasar-dasar bisnis internet. JANGAN cari informasi dari tempat-tempat yang menggembar-gemborkan bahwa bisnis internet itu mudah dan Anda bisa memperoleh penghasilan dari bisnis internet dalam waktu singkat karena kemungkinan besar pemahaman mengenai bisnis internet yang mereka berikan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.

2. Dari sekian banyak macam bisnis internet yang ada, pilih satu yang Anda rasa paling sesuai dengan skill dan sumber daya yang Anda miliki. Untuk cari duit dari blog Anda harus bisa (dan rajin) menulis. Untuk cari duit dari program affiliasi, Anda harus bisa membuat iklan yang menarik dan punya modal untuk beriklan. Untuk berbisnis ebook, Anda harus jeli mencari peluang topik dan menuliskannya. Ingat, pahami kemampuan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan bisnis internet mana yang akan ditempuh.

3. Tidak ada bisnis internet satu pun yang bisa dilakukan tanpa mengerti tentang komputer dan internet, jadi, kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet secara umum mutlak dibutuhkan. Anda harus tahu cara menggunakan program perambah web, harus tahu cara membuat dan menggunakan email, harus tahu cara membuat situs yang paling sederhana (dengan menggunakan layanan penyedia blog gratis misalnya), dan sebagainya. Lebih baik lagi, bekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat teknis, seperti pemahaman tentang bahasa HTML.

4. In English, please. Seberapa besar kebencian Anda pada bahasa Inggris, hasil optimal dari bisnis internet baru bisa diraih apabila Anda menguasai bahasa Inggris. Setidaknya secara pasif. Baca tulisan saya di sini untuk alasan lebih lanjut.

5. Miliki rekening bank dan, jika memungkinkan, kartu kredit. Sesuai dengan ketetapan dari Bank Indonesia, untuk mencairkan cek (salah satu metode pembayaran bisnis internet yang umum) Anda membutuhkan rekening aktif di bank dengan durasi minimal 6 bulan. Sebuah lembaran cek sendiri umumnya berlaku selama 3 bulan. Bayangkan jika Anda menerima sebuah cek hasil jerih payah bisnis internet Anda yang pertama, yang akan expired dalam waktu 3 bulan, namun Anda sama sekali belum memiliki rekening di bank mana pun. Jangan remehkan hal sepele ini karena sudah banyak yang mengalaminya. Mengenai kartu kredit, selain untuk alat transaksi, Anda akan membutuhkannya untuk melakukan verifikasi terhadap banyak media online payment. Salah satunya yang umum adalah paypai. Untuk alternatif sementara memang Anda bisa saja menggunakan VCC atau Virtual Credit Card, namun cara ini tidak 100% aman karena ada kemungkinan paypai akan membekukan atau mempertanyakan keabsahan akun Anda dan meminta Anda untuk melakukan verifikasi ulang dengan menggunakan kartu kredit. Untuk membuat kartu kredit sendiri sebenarnya sekarang persyaratannya jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Tapi jika susah untuk diterima, Anda bisa menggunakan sistem deposit yang diperbolehkan di beberapa bank, seperti BCA dan Niaga.

6. Carilah informasi sebanyak-banyak alias belajarlah dari banyak sumber. Detilnya akan saya jelaskan di artikel mendatang.

7. Apabila sudah memutuskan untuk mulai action, jika memungkinkan, gunakan alternatif cara yang gratis atau berbiaya murah. Ini untuk menekan kerugian modal apabila ternyata Anda mengalami kegagalan. Dan jangan khawatir, untuk awal kemungkinan gagal sudah pasti besar kok  Beberapa informasi tool gratisan dapat disimak di sini.

8. Ingat baik-baik bahwa bisnis internet butuh waktu. Butuh waktu bagi Anda untuk belajar, butuh waktu bagi apa yang Anda kerjakan untuk memberikan hasil. Selain diperlukan kesabaran, diperlukan juga manajemen waktu yang baik. Buatlah jadwal mengenai apa yang harus Anda lakukan dalam kaitannya dengan bisnis internet dan disiplinlah terhadap jadwal tersebut.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Copyright © . Super Share - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger